Mengintip Berjalannya Pertemuan Erasmus+ Dalam Membangun Universitas Dalam Ketahanan Bencana (Build) Cluster Jakarta

Rekan-rekan dari Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia (Yogyakarta) dan President University (Cikarang) menghadiri pertemuan Erasmus + Cluster pada tanggal 27 November di Jakarta dan memberikan tinjauan sekilas tentang proyek BUiLD hanya beberapa hari sebelum pertemuan Kick-off resmi.

Proyek ini bertujuan untuk memberikan Kerangka Kerja Ketahanan Bencana yang komprehensif di seluruh sektor pendidikan tinggi Indonesia. Ini melibatkan penciptaan 8 Pusat Keunggulan dalam Ketahanan Bencana di seluruh Indonesia, pengembangan tolok ukur kurikulum untuk pendidikan manajemen bencana, pengiriman pelatihan kesadaran bencana menggunakan realitas virtual dan pembentukan jaringan nasional untuk pertukaran pengetahuan, penelitian, inovasi dan penggalangan dana .

Sejalan dengan tujuan Program Peningkatan Kapasitas Erasmus + dalam Pendidikan Tinggi, proyek ini akan mengarah pada modernisasi tata kelola universitas di seluruh Indonesia, meningkatkan manajemen dan fungsi universitas dalam situasi krisis, dan memperkuat hubungan eksternal mereka.

Dipimpin oleh University of Gloucestershire (Inggris), proyek BUiLD menyatukan delapan universitas dari seluruh Indonesia. Selain UAD, UII dan President University (seluruh Jawa), ada Universitas Andalas (Sumatera Barat), Universitas Lambung Mangkurat (Kalimantan), Universitas Muhammadiyah Palu (Sulawesi), Universitas Khairun (Maluku Utara) dan Universitas Surabaya (Jawa). Mitra dari Eropa adalah University College Copenhagen (Denmark), Institut Politeknik Porto (Portugal) dan Hafelakar (Austria).

Konsorsium ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan keahlian yang ada dari anggotanya dalam respon dan pemulihan bencana, pendidikan bencana dan pelatihan kesadaran, dan penelitian bencana. Mengikuti proyek “Growing Indonesia-a Triangular Approach” yang sukses (www.growingindonesia.eu) BUiLD adalah proyek yang didanai Erasmus+ dan dipimpin oleh University of Gloucestershire.

UAD dan UII mengarah untuk pengembangan jaringan ketahanan bencana nasional dan kampanye penggalangan dana, sementara President University memimpin dalam kegiatan Diseminasi dan Eksploitasi. Selama pertemuan klaster Erasmus+, kolega memiliki kesempatan untuk mempresentasikan visi dan hasil dari proyek BUiLD serta bertukar pikiran tentang tantangan dan kondisi dalam implementasi proyek yang efektif serta jejaring dengan mitra konsorsium yang terlibat dalam proyek-proyek yang didanai UE lainnya.